Keadaan Angkatan Kerja Provinsi DKI Jakarta Agustus 2016 - Badan Pusat Statistik Provinsi Dki Jakarta

Kini hadir Aplikasi Silatipa untuk mempermudah Anda mencari data secara offline. Unduh di sini

Dalam rangka evaluasi pelayanan PST BPS Provinsi DKI Jakarta, mohon dapat mengisi Kuesioner Survei Kebutuhan Data pada link ini.

BPS Provinsi DKI Jakarta tidak menerima gratifikasi dalam bentuk apapun. #TOLAKGRATIFIKASI

Keadaan Angkatan Kerja Provinsi DKI Jakarta Agustus 2016

Nomor Katalog : 2303004.31
Nomor Publikasi : 31520.1701
ISSN/ISBN : -
Tanggal Rilis : 25 April 2017
Ukuran File : 3 MB

Abstraksi

Data dan informasi ketenagakerjaan sangat dibutuhkan oleh berbagai pihak, antara lain pemerintah, swasta, peneliti, perguruan tinggi, dan lain-lain. Data dan informasi tersebut digunakan antara lain sebagai dasar dalam perencanaan dan pengambilan kebijakan di bidang ketenagakerjaan, kajian ketenagakerjaan dan pengupahan tenaga kerja, produktivitas, kelayakan usaha, dan lain-lain. Mengingat data ketenagakerjaan sangat dibutuhkan oleh banyak pihak, maka data dan informasi tersebut harus tersedia secara berkesinambungan dari tahun ke tahun. Oleh karena itu, Badan Pusat Statistik (BPS) dalam hal ini BPS Provinsi DKI Jakarta sebagai penyedia data dan informasi di bidang ketenagakerjaan mempunyai kewajiban melayani dan memberikan data dan informasi kepada semua pihak yang membutuhkan. Pengumpulan data ketenagakerjaan dilaksanakan melalui Survei Angkatan Kerja Nasional (SAKERNAS), yang merupakan survei khusus mengumpulkan data ketenagakerjaan. Selain melalui SAKERNAS, pengumpulan data ketenagakerjaan juga dilaksanakan melalui kegiatan lain, seperti Survei Sosial Ekonomi Nasional (SUSENAS), Sensus Penduduk (SP), dan Survei Penduduk Antar Sensus (SUPAS). Pengumpulan data ketenagakerjaan melalui SAKERNAS mempunyai tujuan untuk mengetahui: i. Tingkat partisipasi angkatan kerja (TPAK), dan kaitannya dengan jumlah penduduk usia kerja yang tergolong dalam angkatan kerja dan penduduk yang tergolong bukan angkatan kerja. ii. Tingkat kesempatan kerja, dan kaitannya dengan pendidikan, jumlah jam kerja, jenis pekerjaan, lapangan pekerjaan, dan status pekerjaan. iii. Tingkat pengangguran, dan kaitannya dengan pendidikan, upaya dan lamanya mencari pekerjaan. iv. Penduduk yang tergolong dalam kategori bukan angkatan kerja, yaitu mereka yang sekolah, mengurus rumah tangga, dan melakukan kegiatan lainnya. SAKERNAS 2016 dilaksanakan di seluruh wilayah Indonesia pada bulan Agustus 2016. Adapun sampel yang terpilih untuk SAKERNAS Agustus 2016 di Provinsi DKI Jakarta berjumlah sekitar 3.520 rumah tangga. Daftar yang digunakan untuk kepentingan itu adalah Daftar SAK16-AK yang dirancang untuk menanyakan data mengenai angkatan kerja dan karakteristiknya.
Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Provinsi DKI Jakarta (BPS-Statistics DKI Jakarta Province)Jl. Salemba Tengah No. 36-38 Paseban Senen Jakarta Pusat

Phone (021) 31928493

Fax. (021) 3152004

E-mail : bps3100@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik