Inflasi Jakarta Kembali Melonjak Dipicu Naiknya Harga Gas, Emas, Hingga Cabai Merah - Badan Pusat Statistik Provinsi Dki Jakarta

Kini hadir Aplikasi Silatipa untuk mempermudah Anda mencari data secara offline. Unduh di sini

Dalam rangka evaluasi pelayanan PST BPS Provinsi DKI Jakarta, mohon dapat mengisi Kuesioner Survei Kebutuhan Data pada link ini.

BPS Provinsi DKI Jakarta tidak menerima gratifikasi dalam bentuk apapun. #TOLAKGRATIFIKASI

Inflasi Jakarta Kembali Melonjak Dipicu Naiknya Harga Gas, Emas, Hingga Cabai Merah

Tanggal Rilis : 1 April 2022
Ukuran File : 3.56 MB

Abstraksi

Di tengah gejolak perubahan ekonomi global, Indeks Harga Konsumen (IHK) di Ibu Kota terpantau kembali melonjak seiring naiknya harga beberapa komoditas barang dan jasa. Kenaikan harga gas, emas, dan cabai merah mendorong inflasi kembali hadir di Jakarta pada level yang cukup tinggi yaitu 0,44 persen.
Berbagai faktor membuat kenaikan harga tak dapat dibendung lagi. Kenaikan harga gas elpiji 12 kg yg menyesuaikan perkembangan harga minyak dan gas dunia memberikan andil inflasi tertinggi bulan ini. Selain itu ketidakpastian ekonomi global mendorong harga emas berfluktuasi hingga memberikan kontribusi yang relatif tinggi terhadap inflasi. Sementara itu, keterbatasan pasokan cabai merah membuat harga komoditas ini menanjak dan memberikan sumbangan inflasi yang cukup tinggi.
Kendati demikian, inflasi Jakarta masih berada di bawah inflasi kota-kota lainnya di Indonesia. Jakarta menempati peringkat ke 76 dari 88 kota yang terpantau mengalami inflasi. Hal ini menunjukkan bahwa inflasi Jakarta hingga saat ini masih terkendali.

Berita Resmi Statistik Terkait

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Provinsi DKI Jakarta (BPS-Statistics DKI Jakarta Province)Jl. Salemba Tengah No. 36-38 Paseban Senen Jakarta Pusat

Phone (021) 31928493

Fax. (021) 3152004

E-mail : bps3100@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik