Jakarta Alami Deflasi Perdana di Tahun 2022 - Badan Pusat Statistik Provinsi Dki Jakarta

Kini hadir Aplikasi Silatipa untuk mempermudah Anda mencari data secara offline. Unduh di sini

Dalam rangka evaluasi pelayanan PST BPS Provinsi DKI Jakarta, mohon dapat mengisi Kuesioner Survei Kebutuhan Data pada link ini.

BPS Provinsi DKI Jakarta tidak menerima gratifikasi dalam bentuk apapun. #TOLAKGRATIFIKASI

Jakarta Alami Deflasi Perdana di Tahun 2022

Tanggal Rilis : 1 Maret 2022
Ukuran File : 3.57 MB

Abstraksi

Seiring resurjensi pandemik COVID-19 dengan varian Omicron pada Februari 2022, harga-harga di Jakarta terpantau turun sehingga mendorong terjadinya deflasi pertama di tahun ini. Koreksi harga beberapa komoditas yang sempat naik tinggi di bulan sebelumnya memicu deflasi Jakarta 0,05 persen.
Deflasi bulan ini terutama bersumber dari kelompok makanan, minuman, dan tembakau. Turunnya harga minyak goreng, daging ayam ras, telur ayam ras, cabai rawit, dan cabai merah memberikan andil tinggi terhadap deflasi.
Meski demikian, laju deflasi terhambat oleh naiknya harga beberapa komoditas lain. Peningkatan tarif angkutan udara, harga tomat dan pisang, serta beberapa makanan jadi seperti bakso siap santap dan ayam goreng mampu meredam deflasi berada pada level yang rendah.
Secara umum, tingkat deflasi Jakarta cukup terkendali. Dari 53 kota observasi di Indonesia yang mengalami deflasi, Jakarta menempati peringkat ke 44 dari urutan deflasi tertinggi. Ini menunjukkan bahwa deflasi Jakarta relatif rendah dibanding kota-kota lainnya.

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Provinsi DKI Jakarta (BPS-Statistics DKI Jakarta Province)Jl. Salemba Tengah No. 36-38 Paseban Senen Jakarta Pusat

Phone (021) 31928493

Fax. (021) 3152004

E-mail : bps3100@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik