Inflasi Rendah di bulan R amadan: Pengalaman Baru Bagi Jakarta - Badan Pusat Statistik Provinsi Dki Jakarta

Kini hadir Aplikasi Silatipa untuk mempermudah Anda mencari data secara offline. Unduh di sini

Dalam rangka evaluasi pelayanan PST BPS Provinsi DKI Jakarta, mohon dapat mengisi Kuesioner Survei Kebutuhan Data pada link ini.

BPS Provinsi DKI Jakarta tidak menerima gratifikasi dalam bentuk apapun. #TOLAKGRATIFIKASI

Inflasi Rendah di bulan R amadan: Pengalaman Baru Bagi Jakarta

Tanggal Rilis : 3 Mei 2021
Ukuran File : 0.61 MB

Abstraksi

Memasuki bulan Ramadan tahun 2021 harga-harga di Jakarta mulai bergejolak. Hampir seluruh barang dan jasa mengalami perubahan harga. Meski demikian, perubahan harga yang terjadi masih dalam taraf aman, bahkan inflasi yang terjadi  tercatat  sebagai  inflasi  terendah  di bulan Ramadan dalam 4 tahun terakhir 

Selama bulan April 2021, Jakarta terpantau  mengalami  inflasi  0,08  persen, sedikit  lebih  tinggi  dari  inflasi  bulan sebelumnya, namun cukup jauh dibawah angka  inflasi  April  2020  maupun  inflasi bulan Ramadan 2018 dan 2019. Pada bulan ini,  Inflasi  atau  kenaikan  harga  berkisar antara  0,01  hingga  0,59  persen  terjadi merata pada semua kelompok pengeluaran, kecuali kelompok pengeluaran transportasi yang mengalami deflasi ringan.

Sementara itu, komoditas yang memberikan  andil  tinggi  terhadap  Inflasi sebagian besar berasal dari kelompok makanan  seperti  daging  ayam  ras  dan minyak goreng. Hal ini dapat dipahami mengingat  tingginya  permintaan  terhadap komoditas tersebut di bulan Ramadan.
Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Provinsi DKI Jakarta (BPS-Statistics DKI Jakarta Province)Jl. Salemba Tengah No. 36-38 Paseban Senen Jakarta Pusat

Phone (021) 31928493

Fax. (021) 3152004

E-mail : bps3100@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik