November 2020 Inflasi Jakarta Meningkat Tinggi - Badan Pusat Statistik Provinsi Dki Jakarta

Kini hadir Aplikasi Silatipa untuk mempermudah Anda mencari data secara offline. Unduh di sini

Dalam rangka evaluasi pelayanan PST BPS Provinsi DKI Jakarta, mohon dapat mengisi Kuesioner Survei Kebutuhan Data pada link ini.

BPS Provinsi DKI Jakarta tidak menerima gratifikasi dalam bentuk apapun. #TOLAKGRATIFIKASI

November 2020 Inflasi Jakarta Meningkat Tinggi

Tanggal Rilis : 1 Desember 2020
Ukuran File : 1.14 MB

Abstraksi

Inflasi Jakarta pada bulan November tercatat 0,27 persen, lebih tinggi jika dibandingkan dengan inflasi bulan yang sama tahun sebelumnya 0,19 persen. Demikian juga dibandingkan dengan inflasi pada bulan sebelumnya 0,01 persen, maka inflasi bulan ini jauh lebih tinggi. Daging ayam ras menjadi salah satu penyebab utama inflasi. Jika pada bulan sebelumnya andil daging ayam ras -0,04 persen maka pada bulan November andil daging ayam ras menjadi 0,11 persen dan merupakan andil tertinggi. Fluktuasi harga daging ayam ras sangat berpengaruh terhadap inflasi Jakarta karena daging ayam ras banyak dikonsumsi oleh penduduk Jakarta. Selain daging ayam ras, angkutan udara dengan andil 0,06 persen menjadi penyebab tertinggi kedua terjadinya inflasi. Inflasi pada angkutan udara terjadi seiring meningkatnya kembali jumlah pengguna angkutan udara. Kepercayaan masyarakat pada aturan keselamatan dan protokol kesehatan yang dijalankan secara ketat oleh angkutan udara pada masa pandemi COVID-19 membuat masyarakat tidak ragu untuk kembali melakukan perjalanan menggunakan angkutan udara. Komoditas berikutnya yang memberi andil tertinggi pada inflasi adalah cabai merah. Dengan andil 0,02 persen, cabai merah masih termasuk komoditas penyebab inflasi tertinggi, sama seperti bulan sebelumnya. 
Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Provinsi DKI Jakarta (BPS-Statistics DKI Jakarta Province)Jl. Salemba Tengah No. 36-38 Paseban Senen Jakarta Pusat

Phone (021) 31928493

Fax. (021) 3152004

E-mail : bps3100@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik