Focus Group Discussion Indeks Demokrasi Indonesia - Berita - Badan Pusat Statistik Provinsi Dki Jakarta

Kini hadir Aplikasi Silatipa untuk mempermudah Anda mencari data secara offline. Unduh di sini

Dalam rangka evaluasi pelayanan PST BPS Provinsi DKI Jakarta, mohon dapat mengisi Kuesioner Survei Kebutuhan Data pada link ini.

BPS Provinsi DKI Jakarta tidak menerima gratifikasi dalam bentuk apapun. #TOLAKGRATIFIKASI

Focus Group Discussion Indeks Demokrasi Indonesia

Focus Group Discussion Indeks Demokrasi Indonesia

28 Maret 2023 | Kegiatan Statistik


Selasa, 28 Maret 2023, Badan Pusat Statistik Provinsi DKI Jakarta menyelenggarakan kegiatan Focus Group Discussion Indeks Demokrasi Indonesia (FGD IDI). Acara yang  berlangsung dengan konsep fullday ini bertempat di Hotel Aryaduta. Peserta FGD merupakan perwakilan pemerintah, aparat keamanan, universitas, pers, tokoh masyarakat, serta LSM. Indeks Demokrasi Indonesia (IDI) merupakan ukuran pembangunan politik yang digunakan pemerintah pada RPJMN 2010 – 2014, 2015 – 2019, serta2020 – 2024. IDI merupakan kerja bersama instansi pemerintah yaitu Kemenkopolhukam, BPS, Bapenas, Kemendagri, serta Pemerintah daerah. Semenjak IDI tahun 2021, konsep IDI telah menggunakan metode baru yang mencakup tiga ranah, yaitu politik, ekonomi, dan sosial. Indeks Demokrasi Indonesia terdiri dari tiga aspek, yaitu aspek kebebasan (diwakili dari 7 indikator), aspek kesetaraan (diwakili 7 indikator), dan aspek kapasitas lembaga demokrasi (diwakili 8 indikator). Data kuantitatif untuk pengukuran IDI dikumpulkan melalui penelusuran kejadian di koran cetak serta portal berita online, data sekunder, serta indeks yang dihasilkan oleh instansi pemerintah. Data tersebut divalidasi dalam FGD yang melibatkan ahli yang relevan. Dalam FGD ada tiga hal utama yang menjadi tujuan, yaitu konfirmasi, klarifikasi (koreksi), serta eksplorasi data baru yang belum tercakup dalam data kuantitatif. Validasi silang juga akan dilakukan pada data-data yang ada di FGD dengan menggunakan data kuantitatif yang tersedia.
Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Provinsi DKI Jakarta (BPS-Statistics DKI Jakarta Province)Jl. Salemba Tengah No. 36-38 Paseban Senen Jakarta Pusat

Phone (021) 31928493

Fax. (021) 3152004

E-mail : bps3100@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik