Rilis 5 Februari 2020 - Berita - Badan Pusat Statistik Provinsi Dki Jakarta

Kini hadir Aplikasi Silatipa untuk mempermudah Anda mencari data secara offline. Unduh di sini

Dalam rangka evaluasi pelayanan PST BPS Provinsi DKI Jakarta, mohon dapat mengisi Kuesioner Survei Kebutuhan Data pada link ini.

BPS Provinsi DKI Jakarta tidak menerima gratifikasi dalam bentuk apapun. #TOLAKGRATIFIKASI

Rilis 5 Februari 2020

Rilis 5 Februari 2020

5 Februari 2020 | Kegiatan Statistik


Optimisme Konsumen Ibukota Meningkat Pada Triwulan Akhir 2019.
.
Hasil Survei Tendensi Konsumen (STK) yang dilaksanakan pada bulan Desember 2019 menunjukkan kondisi perekonomian konsumen pada triwulan keempat 2019 lebih baik dibandingkan triwulan ketiga. Hal ini ditunjukkan oleh besaran Indeks Tendensi Konsumen (ITK) yang mencapai 112,64. Demikian dirilis oleh BPS Provinsi DKI Jakarta.
Komponen utama dari tingginya nilai indeks tersebut adalah indeks pendapatan triwulan keempat sebesar 116,97. Nilai tersebut jauh di atas triwulan sebelumnya, yaitu 98,91. Hal ini menunjukkan adanya persepsi kenaikan pendapatan yang cukup signifikan bagi sebagian besar masyarakat. Pegawai/karyawan swasta, umumnya akan menerima bonus tahunan.
Komponen berikutnya adalah, indeks volume konsumsi sebesar 115,55. Hari Raya Natal dan penyambutan Tahun Baru ditengarai memicu tingginya konsumsi di masyarakat. Meski pada triwulan keempat terjadi inflasi sebesar 0,72 persen, namun tidak menyurutkan optimisme konsumen dalam berbelanja. Kondisi tersebut tercermin dalam indeks pengaruh inflasi yang mencapai 102,22.

Selain memotret kondisi saat ini, hasil STK juga mampu memberikan gambaran kondisi konsumen pada triwulan mendatang. Pada kesempatan yang sama, Buyung Airlangga juga memaparkan bahwa persepsi positif terhadap kondisi ekonomi tersebut akan terus berlanjut hingga triwulan 1 - 2020.
ITK mendatang, yaitu triwulan pertama tahun 2020 mencapai 102,44, menunjukkan adanya persepsi positif terhadap peningkatan kondisi perekonomian masyarakat pada periode tersebut, walaupun derajat tingkat optimismenya menurun dibanding triwulan sebelumnya
Kondisi tersebut utamanya didorong oleh optimisme adanya peningkatan pendapatan. Hal ini ditengarai merupakan dampak dari keputusan pemerintah tentang kenaikan UMP bagi pegawai swasta. Namun demikian, masyarakat cenderung akan menahan diri melakukan konsumsi barang tahan lama.
Pengukuran ITK mendatang merupakan indikator penting untuk melihat pergerakan tingkat konsumsi rumah tangga pada satu periode triwulan ke depan.
Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Provinsi DKI Jakarta (BPS-Statistics DKI Jakarta Province)Jl. Salemba Tengah No. 36-38 Paseban Senen Jakarta Pusat

Phone (021) 31928493

Fax. (021) 3152004

E-mail : bps3100@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik